Wednesday , 12 December 2018
Home » Berita » Workshop Portal Data Industri Ekstraktif
Workshop Portal Data Industri Ekstraktif

Workshop Portal Data Industri Ekstraktif

Sekretariat EITI Indonesia bekerjasama dengan Bank Dunia dan Publish What You Pay (PWYP) Indonesia mengadakan workshop Portal Data Industri Ekstraktif di Hotel Century Park, Jakarta, 7 Agustus 2018. Kegiatan tersebut  bertujuan untuk mendorong penggunaan portal data industri ekstraktif untuk meningkatkan transparansi industri ekstraktif di Indonesia. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendapat masukan tentang penggunaan dan pengembangan portal data tersebut.

Workshop diikuti sekitar 25 peserta dari perwakilan masyarakat sipil, media, dan akademisi. Para peserta didorong untuk dapat menggunakan data yang ada di portal data menjadi tulisan/narasi dan infografis yang lebih mudah dipahami masyarakat. Produk yang bersumber dari portal data tersebut dapat digunakan sebagai sebagai materi komunikasi publik dan advokasi isu-isu seputar industri ekstraktif.

Portal Data Industri Ekstraktif telah diluncurkan pada pertengahan 2017 lalu. Portal adalah platform untuk memperoleh data-data industri ekstraktif dalam format periodik dan dapat diakses data per perusahaan dan per provinsi. Data yang terpisah-pisah dan mudah diunduh, dapat dikombinasikan dengan sumber data lain untuk dapat diolah menjadi narasi atau infografis.  Portal juga menyediakan fasilitas untuk analisis data. Fasilitas ini akan mendorong pengguna untuk dapat melakukan berbagai jenis analisis berdasarkan semua data yang tersedia dari laporan EITI dan mengunduh hasil analisis tersebut.

Portal Data EITI akan dikembangkan lebih lanjut untuk menjadi portal data ekstraktif Indonesia yang tidak terbatas pada data EITI, tetapi juga terhubung dengan database lembaga pemerintah lainnya. Tahap selanjutnya dari pengembangan portal adalah akan dilakukannya penyesuaikan dengan sistem-sistem data industri ekstraktif yang sudah ada (seperti di SKK Migas, Kementerian ESDM, atau Kementerian Keuangan), sehingga portal bisa mempublikasikan data industri ekstraktif yang paling baru secara cepat dan akurat.