Monday , 23 April 2018
Home » Berita » Validasi EITI Indonesia
Validasi EITI Indonesia

Validasi EITI Indonesia

Indonesia akan menjalani proses validasi keanggotaan EITI yang akan dimulai pada September 2018. Proses validasi adalah kegiatan untuk menilai kemajuan suatu negara dalam pelaksanaan persyaratan EITI. Setiap tiga tahun, negara anggota EITI akan menjalani validasi untuk  menilai kinerja, mempromosikan dialog dan pembelajaran di negara-negara anggota EITI dan untuk menjaga integritas EITI dengan pelaksanaan standar global yang sama pada tiap negara pelaksana EITI. EITI Indonesia seharusnya divalidasi pada tahun 2017, namun karena terdapat sejumlah hambatan dalam penyelesaian Laporan EITI tahun 2014, EITI Indonesia secara resmi meminta pelaksanaan validasi ditunda menjadi tahun 2018.

Pelaksanaan validasi dilakukan dengan memberikan penilaian pada seluruh proses yang dilaksanakan dalam penyelesaian Laporan EITI tahun 2015 yang dikerjakan pada tahun 2017. Penilaian dilakukan dengan memeriksa sejumlah dokumen dalam pelaksanaan EITI seperti rencana kerja, risalah rapat, strategi komunikasi, laporan EITI, laporan kegiatan tahunan, dll. Selain itu, penilaian akan dilakukan juga melalui wawancara dengan sejumlah pihak yang terkait dalam pelaksanaan EITI di Indonesia.

Prosedur validasi dibagi menjadi empat tahapan yaitu persiapan validasi, pengumpulan data dan konsultasi/wawancara, review oleh validator independen, dan review oleh Dewan EITI.  Persiapan validasi dilakukan dengan pengumpulan seluruh dokumen yang diperlukan dan penilaian sendiri (self assessment)oleh Tim Pelaksana EITI terhadap kepatuhan pada standar EITI. Pada tahap pengumpulan data dan konsultasi, Sekretariat EITI Internasional akan memeriksa sejumlah dokumen dan melakukan wawancara dengan sejumlah pihak. Sekretariat EITI Internasional akan menyusun laporan evaluasi awal mengenai perkembangan pelaksanaan standar EITI sebelum laporan disampaikan kepada validator. Tim Pelaksana EITI diberikan kesempatan untuk memberi masukan pada laporan yang akan disampaikan kepada validator. Tahap selanjutnya yaitu review laporan awal Sekretariat EITI Internasional yang dilaksanakan oleh validator independen. Validator menyiapkan laporan berupa penilaian terhadap masing-masing ketentuan untuk disampaikan kepada Dewan EITI. Tahap terakhir yaitu Komite Validasi akan memberikan rekomendasi kepada Dewan EITI mengenai kepatuhan suatu negara dalam pelaksanaan Standar EITI. Dewan EITI akan membuat ketentuan akhir apakah pelaksanaan transparansi suatau negara sudah memenuhi Standar EITI atau belum.

Setelah dilaksanakan validasi, status suatu negara di dalam keanggotaan EITI menjadi satisfactory progress, meaningful progress, inadequate progress, atau no progress. Negara yang langsung mendapatkan status satisfactory progress secara langsung mendapatkan status compliance atau patuh standar transparansi. Apabila suatu negara tak mendapatkan status satisfactory progress, maka validasi akan dilakukan lagi antara 3 sampai 18 bulan kemudian.