Wednesday , 21 November 2018
Home » Berita » [Strategi.id] Isu Beneficial Ownerships, Berbagi Pengalaman dengan Negara Progresif di Pertemuan Tahunan WB IMF 2018 “KSP Statement”

[Strategi.id] Isu Beneficial Ownerships, Berbagi Pengalaman dengan Negara Progresif di Pertemuan Tahunan WB IMF 2018 “KSP Statement”

Strategi.id – Beberapa tahun terakhir ini, usaha melacak kepemilikan yang sesungguhnya atas kerajaan korporasi dan layer pohon kepemilikan yang rumit. (Beneficial Ownerships /BO) telah menjadi perhatian bersama. Dan telah menghasilkan komitmen bersama antar pemerintah dan antar badan internasional. Salah satu puncaknya adalah komunike bersama yang dihasilkan dari London Anti-Corruption Summit tahun 2016.

Transparansi BO telah muncul menjadi norma global yang disahkan sebagai standar internasional dalam prinsip-prinsip tingkat tingginya G20. Dan termasuk juga dalam komitmen pemberantasan pencucian uang dan pendanaan terorisme internasional. Juga beberapa komitmen pemberantasan kejahatan yang lain, seperti untuk industri ekstraktif (EITI), perpajakan dan lain-lain.

Transparency International UK meluncurkan monitoring untuk melihat progress komitmen korupsi dari LACS di bulan September 2017. Beberapa negara menunjukkan progress implementasi komitmen yang positif. Seperti Indonesia yang sudah menindaklanjuti 16 komitmen dari total 19 komitmen yang disahkan LACS 2016.

Continue reading… https://bit.ly/2Dso8HT