Wednesday , 1 April 2020
Home » Sosialisasi dan Acara » Sosialisasi Penyusunan Laporan EITI 2017 untuk Perusahaan Pelapor
Sosialisasi Penyusunan Laporan EITI 2017 untuk Perusahaan Pelapor

Sosialisasi Penyusunan Laporan EITI 2017 untuk Perusahaan Pelapor

Dalam rangka penyusunan Laporan EITI tahun 2017, Sekretariat EITI dan Administrator Independen Laporan EITI 2017, PT Veda Praxis mengadakan kegiatan sosialisasi pengisian formulir pelaporan data perusahaan. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Novotel Cikini pada tanggal 3 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 70 perusahaan minyak dan gas bumi dari 77 entitas perusahaan migas yang wajib mengisi formulir pelaporan EITI tahun 2017. Sedangkan di sektor mineral dan batubara, 66 perusahaan batubara dari 122 perusahaan yang wajib melaporkan hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Terdapat sejumlah hal yang menyebabkan sejumlah perusahaan tidak dapat hadir yaitu alamat dan Contact Person perusahaan tidak update, sehingga undangan kegiatan sosialisasi pengisian formulir pelaporan EITI tahun 2017 tidak diterima oleh perusahaan yang bersangkutan dan sejumlah perusahaan telah tutup kegiatan operasinya di tahun 2019.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan mengenai penjelasan standar EITI terbaru yaitu Standar  EITI 2019 yang berubah dari standar sebelumnya, Standard EITI 2016, antara lain:

  • Kewajiban penyampaian pemisahaan data tenaga kerja berdasar gender
    • Kewajiban penyampaian data-data kegiatan pengelolaan Lingkungan dan dampaknya
    • Kewajiban pembukaan kontrak / izin pertambangan yang wajib ditansparansikan terhadap kontrak / izin pertambangan yang terbit mulai tahun 2021
    • Kewajiban penyampaian data-data dari penerima manfaat akhir atau Beneficial Ownership dari perusahaan
    • Project-level reporting

Sedangkan penjelasan tambahan data dalam lingkup pelaporan tahun 2017 yang belum pernah dimasukkan pada laporan-laporan terdahulu, antara lain:

  • PPN – pajak pertambahan nilai
    • PPn Batubara – Pajak Penjualan Batubara