Saturday , 25 November 2017
Home » Unduh » Pembelajaran Scoping, Formulir Pelaporan industri ekstraktif

Pembelajaran Scoping, Formulir Pelaporan industri ekstraktif

Indonesia sedang melaksanakan Prakarsa Transparansi Industri Ekstraktif (EITI), inisiatif global untuk minyak, gas dan mineral transparansi pendapatan.

Dalam EITI, minyak, gas dan pertambangan perusahaan melaporkan jumlah pendapatan yang mereka telah disampaikan kepada pemerintah. Sementara itu, pemerintah melaporkan berapa banyak dari pendapatan yang dikumpulkan. Perbandingan dan publikasi angka-angka ini diawasi oleh komite multi-pihak.

Keputusan mengenai “lingkup” merupakan bagian penting dari proses EITI. Lingkup mengacu pada:
1. Para ekstraktif sektor, perusahaan, dan unit produksi yang akan melaporkan.
2. Jenis-jenis aliran pendapatan yang akan dilaporkan dan lembaga pemerintah mengumpulkan aliran pendapatan ini yang akan mengisi template.
3. Jumlah (baik dalam jumlah fisik dan dalam dolar atau rupiah menyerah kepada pemerintah) di atas aliran pendapatan yang akan dilaporkan.
4. Apakah jumlah yang dilaporkan oleh industri vs pemerintah akan diperiksa ulang dengan upaya untuk melihat apakah angka dapat dibawa ke dalam keselarasan (berdamai) dengan audit terbatas mungkin tokoh yang tidak setuju atau apakah audit penuh akan terjadi angka yang tidak cocok.
5. Tingkat disagregasi (pada tingkat unit produksi individu, di tingkat perusahaan, atau hanya pada tingkat aliran pendapatan total yang dikumpulkan oleh pemerintah) di mana informasi akan disajikan dalam Laporan EITI akhir
6. Periode waktu yang akan dibahas pada periode pelaporan pertama.

Catatan ini memberikan rekomendasi mengenai masing-masing enam dimensi ruang lingkup. Rekomendasi ini akan diajukan untuk pertimbangan kepada Tim Pelaksana multi-pihak di awal Agustus 2011.

LAMPIRAN 1: FORMULIR PELAPORAN EITI INDONESIA TAHUN KALENDER 2009 untuk Perusahaan MINYAK DAN GAS

LAMPIRAN 2: FORMULIR PELAPORAN EITI INDONESIA MINYAK DAN GAS UNTUK PEMERINTAH – 2009

LAMPIRAN 3: FORMULIR PELAPORAN EITI INDONESIA untuk INDUSTRI MINERAL & BATUBARA – 2009

LAMPIRAN 4
: FORMULIR PELAPORAN EITI INDONESIA MINERAL & BATUBARA UNTUK PEMERINTAH – 2009