Thursday , 23 November 2017
Home » Unduh » Risalah Rapat » Rapat Tim Pelaksana: 22 Agustus 2016
Rapat Tim Pelaksana: 22 Agustus 2016

Rapat Tim Pelaksana: 22 Agustus 2016

Rapat Tim Pelaksana EITI dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2016. Agenda dalam rapat ini adalah penyampaian rencana kerja 2016, penyampaian perkembangan penyelesaian laporan EITI 2014, persetujuan Progress Report 2015, tindak lanjut rekomendasi laporan EITI 2012-2013, dan pembahasan roadmap Beneficial Ownership (BO). Rapat yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di tahun 2016 ini, dibuka oleh Ketua Tim Pelaksana EITI, Montty Giriana. Dalam sambutannya Montty menyampaikan bahwa kegiatan EITI bisa berjalan lagi setelah adanya berbagai hambatan di tahun 2016. Tantangan yang akan dihadapi pada tahun 2016 salah satunya penyelesaian laporan EITI tahun 2014 yang waktunya semakin sempit.

 

Ketua Tim Sekretariat EITI, Edi Effendi Tedjakusuma menyampaikan bahwa salah satu agenda di tahun 2016 adalah penyelesaian roadmap Beneficial Ownership (BO). Workshop  tentang  BO  baru  dilaksanakan  sekali  dan diharapkan dapat dilaksanakan sekali lagi di tahun 2016. Roadmap yang dihasilkan, diharapkan berguna sebagai referensi bagi semua pihak agar nantinya dapat diperoleh informasi BO yang berguna bagi kinerja industri ekstraktif nasional. Pembuatan roadmap harus bersinergi dengan instansi lainnya yang memiliki tujuan yang sama seperti KPK dan Bappenas.

 

Agenda lainnya yang sangat krusial yang dibahas dalam rapat adalah penyelesaian laporan EITI 2014 yang harus dapat diselesaikan pada akhir tahun 2016. Karena berbagai permasalahan, terutama masalah anggaran, proses lelang Independent Administrator (IA) baru bisa dimulai akhir Juni 2016. Solusi untuk mempercepat penyelesaian laporan adalah sebelum ada pemenang lelang, Sekretariat EITI telah terlebih dahulu mengirimkan format template ke perusahaan minerba dan migas, karena pengumpulan  data  sangatlah   krusial. Selain itu, rapat juga membahas tindak lanjut rekomendasi Laporan EITI 2012-2013. Tindak lanjut pembukaan informasi publik seperti kontrak, peserta tender, dan wilayah kerja  masih banyak terhambat peraturan yang ada. Tindak lanjut yang positif disampaikan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan yaitu dengan dijalankannya sistem pembayaran bukan pajak (PNBP) terpadu SIMPONI. SIMPONI memperbaiki sistem sebelumnya yang masih manual sehingga terjadi kesalahan pencatatan akun.

 

Rapat Tim Pelaksana juga beragendakan  Persetujuan Laporan Perkembangan (Progress Report) 2015. Laporan Perkembangan tahunan seharusnya dipublikasikan pada bulan Juli 2016, namun karena belum lengkapnya data, laporan baru dipublikasikan pada bulan Agustus 2016. Draft  laporan  telah  disebarkan  ke  seluruh  anggota  Tim  Pelaksana  dan  telah  mendapatkan tanggapan dari SKK Migas dan CSO. Pada dasarnya semua menyetujui Laporan Perkembangan Tahun 2016,  namun dimungkinkan adanya tanggapan dari Tim Pelaksana hingga akhir Agustus 2016.

 

Unduh Dokumen:

Risalah-Ratimlak-22 Agustus 2016

Rencana Kerja dan Rencana Penyelesaian Road Map Beneficial Ownership

Seleksi Independent Administrator (IA) 2016

Materi-Annual Progress Report Ratimlak