Sunday , 24 September 2017
Home » Pengumuman » Pengadaan » Lelang – Portal Data EITI Indonesia

Lelang – Portal Data EITI Indonesia

Saat ini Bank Dunia sedang membantu Pemerintah Indonesia dalam menerapkan EITI (Extractive Industries Transparency Initiative), sebuah standar global untuk mendorong negara-negara di dunia untuk semakin transparan dan akuntabel terhadap pendapatan yang diperolehnya dari sektor ekstraktif (minyak bumi, gas, dan pertambangan). Indonesia bergabung sebagai salah satu negara yang menerapkan EITI pada bulan Oktober 2010 dan mendapat status “EITI compliant” pada bulan Oktober 2014.

Salah satu bentuk dalam mewujudkan transparansi dan partisipasi masyarakat dalam mengawasi sektor ekstraktif adalah dengan membangun suatu website yang dapat menjadi portal terpadu bagi masyarakat luas dalam mencari informasi terkait dengan sektor ekstraktif di Indonesia seperti: produksi migas, produksi batubara, pendapatan negara dari sektor ekstraktif, dan sebagainya. Saat ini portal tersebut dinamakan Indonesia Extractive Industries Data Portal dan portal ini nantinya akan dikelola oleh Sekretariat EITI Indonesia yang berada di bawah Kementerian Koordinasi bidang Perekonomian.

DIharapkan dengan tersedianya informasi tersebut secara terpadu, dalam satu tempat, dan mudah diakses, diharapkan akan membuat semakin banyak anggota masyarakat memahami industri ekstraktif di Indonesia dan semakin mendorong transparansi dan akuntabilitas dari semua pemangku kepentingan sektor ekstraktif di Indonesia.

Oleh karena itu, kami hendak mengundang perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan pengembangan web untuk turut serta dalam pekerjaan membangun versi alpha dan beta dari Portal tersebut. Untuk dapat berpartisipasi di dalam proses pelelangan ini, perusahaan harus terlebih dahulu mendaftarkan diri dan mengirimkan Expression of Interest melalui tautan berikut: https://wbgeconsult2.worldbank.org/wbgec/index.html. Detil lebih lanjut mengenai pekerjaan pengembangan portal ini dan syarat-syarat kualifikasi, bisa dirujuk pada tautat tersebut di menu “Business Opportunities” dan selection no. 1200647.

Batas akhir untuk pengiriman Expression of Interest adalah pada hari Rabu, 7 Oktober 2015, pukul 23.59 US Eastern Time (8 Oktober 2015, 10.59 WIB).

Unduh Dokumen
IDEITIportal_proc IDEITIportal_proc.pdf (110 kB) (1112 clicks)