Thursday , 21 November 2019
Home » Berita » Kunjungan Tim Pelaksana EITI Myanmar
Kunjungan Tim Pelaksana EITI Myanmar

Kunjungan Tim Pelaksana EITI Myanmar

Tim Pelaksana EITI Myanmar berkunjung ke Indonesia untuk mendapatkan informasi pelaksanaan tata kelola industri ekstraktif di Indonesia. Salah satu agenda kunjungan Tim Pelaksanan EITI Myanmar adalah Pertemuan dengan Tim Pelaksana EITI Indonesia. Pertemuan diadakan dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan EITI di Indonesia sekaligus bertukar pengalaman dengan delegasi Myanmar dalam pelaksanaan Standar EITI. Pertemuan yang dilaksanakan di Hotel Sari Pacific, Jakarta pada tanggal 16 Juli 2019 tersebut juga dilaksanakan untuk menyampaikan pengalaman Indonesia dalam melaksanakan desentralisasi pertambangan kepada Myanmar. Setelah pergantian rezim, Myanmar mulai berupaya melakukan sejumlah reformasi pertambangan salah satunya dengan belajar dari pengalaman Indonesia yang dianggap lebih berpengalaman sebagai negara anggota EITI.

Ahmad Bastian Halim, Asisten Deputi Industri Ekstraktif, Kemenko Perekonomian selaku Sekretaris Tim Pelaksana EITI Indonesia menyampaikan bahwa EITI Indonesia sangat terhormat atas kunjungan delegasi Myanmar dan menyampaikan bahwa Kunjungan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan EITI Indonesia dengan EITI Myanmar yang dipimpin oleh Mr. U Ohn Win, Menteri Persatuan untuk Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan Hidup, Myanmar di acara Konferensi Global EITI di Paris. Ketua delegasi Myanmar, Mr. Khin Latt Gyi yang merupakan Direktur Jenderal Pertambangan, Kementerian Sumber Daya Alam dan Konsevasi Lingkungan, Myanmar. menyampaikan bahwa kunjungan ini sebagai sarana belajar Myanmar kepada Indonesia sebagai negara yang lebih berpengalaman menjadi negara EITI.

Tim Pelaksana EITI Indonesia menerangkan tentang latar belakang pelaksanaan EITI di Indonesia dan sampai sejauh mana pelaksanaannya sampai saat ini. Transparansi melalui EITI bertujuan memperbaiki tata kelola industri ekstraktif, sehingga sumber daya alam dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Setelah melaksanakan pertemuan dengan Tim Pelaksana EITI Indonesia, delegasi Myanmar melanjutkan kunjungan ke Provinsi bangka Belitung untuk memperoleh informasi tentang tata kelola industri ekstraktif di provinsi tersebut.