Thursday , 23 November 2017
Home » Berita » Kunjungan Ke Redaksi Tempo
Kunjungan Ke Redaksi Tempo

Kunjungan Ke Redaksi Tempo

Jakarta (15/8) – Perwakilan Sekretariat EITI dan Bank Dunia berkunjung ke Redaksi Tempo untuk memperkenalkan Portal Data Industri Ekstraktif yang telah diluncurkan ke publik pada awal tahun ini. Kegiatan ini juga bertujuan memberikan informasi terbaru dalam pelaksanaan EITI di Indonesia kepada redaksi Tempo. Pimpinan redaksi dan sejumlah redaktur dari desk ekonomi  dan investigasi hadir dalam diskusi yang sebagian besar membahas tentang data-data penerimaan negara di sektor ekstraktif yang ada dalam Portal data.

“Kami mengharapkan dari Portal Data ini bisa mendapatkan sesuatu untuk menjadi berita” kata Redaktur Eksekutif Majalah Tempo, Wahyu Dhyatmika.

Data and IT Specialist Sekretariat EITI, Venta Adrian Ahnaf menjelaskan tentang data-data apa saja yang dapat diperoleh dari Portal Data. Pengguna portal dapat memperoleh informasi pendapatan negara yang sangat detil yang bersumber dari Laporan EITI dan beberapa sumber lain dari beberapa Kementerian. Data yang dapat diperoleh antara lain data tentang lisensi dan data produksi dari Kementerian ESDM dan data tentang pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kementerian Keuangan. Cara penggunaan portal juga dipresentasikan kepada redaksi Tempo oleh perwakilan Bank Dunia, Prasetya Dwi Cahya.

Portal Data mencakup informasi penerimaan negara dan pembayaran perusahaan yang sangat detil. Salah satu kelebihan Portal Data adalah dapat membandingkan data pembayaran perusahaan dengan data penerimaan negara di Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan. Ke depannya Portal Data akan dapat diintegrasikan dengan sejumlah sumber data lain seperti Geo Portal ESDM One Map Indonesia dari Kementerian ESDM yang mencakup berbagai informasi seperti wilayah Ijin Usaha Pertambangan (IUP).

Selain membahas tentang Portal Data, diskusi dengan redaksi Tempo juga membahas tentang pelaksanaan EITI dan berbagai isu lainnya seputar industri ekstraktif di Indonesia. Upaya transparansi Beneficial Ownership (BO) menjadi salah satu agenda EITI yang dijelaskan kepada redaksi Tempo karena merupakan agenda yang besar dan melibatkan sejumlah Kementerian dan Lembaga.

Diharapkan diskusi tentang EITI yang dilakukan, dapat menjadi referensi bagi redaksi Tempo  untuk mendapatkan sumber berita dan sumber data tentang industri ekstraktif di Indonesia.