Monday , 23 October 2017
Home » Berita » Portal Data Industri Ekstraktif Indonesia
Portal Data Industri Ekstraktif Indonesia

Portal Data Industri Ekstraktif Indonesia

http://portal-ekstraktif.ekon.go.id/

Portal Data Industri Ekstraktif telah diluncurkan bersamaan dengan peluncuran Laporan EITI 2014 pada tanggal 24 Mei 2017. Portal tersebut menjadi “one-stop -shop” untuk memperoleh data-data yang relevan, informasi dan analisis tentang sektor ekstraktif dan dampak ekonomi dan sosial di Indonesia. Portal merupakan satu wadah pemersatu dari seluruh data di sektor industri ekstraktif. Informasi dan analisis yang disajikan di dalam portal diambil dari Laporan EITI dan sumber-sumber lainnya seperti data dari Kementerian ESDM tentang data lisensi dan kerangka kerja sektor ekstraktif, data tentang penerimaan negara dari Kementerian Keuangan, dan data tentang Produk Domestik Bruto (PDB) dan data ekspor/impor dari Kementerian Perindustrian dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Portal memiliki sejumlah keunggulan karena memiliki sejumlah menu yang akan berguna bagi publik. Salah satu menu yang menarik adalah peta geospasial. Melalui menu ini, publik dapat mencari informasi industri eksktraktif berdasarkan provinsi, perusahaan, tahun penerimaan negara, dan data ekonomi mikro dan makro.  Publik juga dapat memperoleh informasi kontekstual dengan berpatokan pada data ekonomi makro. Portal juga menyediakan fasilitas untuk analisis data. Fasilitas ini akan mendorong pengguna untuk dapat melakukan berbagai jenis analisis berdasarkan semua data yang tersedia dari laporan EITI dan men-download hasil analisis tersebut. Portal juga menyediakan informasi tentang alur kerja industri ekstraktif hingga memberikan kontribusi bagi pendapatan negara.

 Peluncuran portal merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi komunikasi publik dan sosialisasi Laporan EITI. Platform tersebut dapat mempermudah pemahaman pada laporan EITI sehingga dapat menarik publik untuk terlibat dialog tentang isu-isu seputar industri ekstraktif. Selain itu, dengan adanya portal akan mempermudah penyebaran informasi dengan semakin mudahnya duplikasi pada data yang ada.

Menu Data Spasial Portal Industri Ekstraktif

Menu Data Spasial – Portal Industri Ekstraktif

Menu Analisis Data Portal Industri Ekstraktif

Menu Analisis Data – Portal Industri Ekstraktif

Menu Daftar Lisensi – Portal Data Industri Ekstraktif

Menu Daftar Lisensi – Portal Data Industri Ekstraktif

Menu Katalog Data - Portal Data Industri Ekstraktif

Menu Katalog Data – Portal Data Industri Ekstraktif

Menu Cara Kerja Portal Data Industri Ekstraktif

Menu Cara Kerja Portal Data Industri Ekstraktif

Saat ini portal masih tahap versi 1 yang masih membutuhkan pengembangan. Tahap selanjutnya dari pengembangan portal adalah akan dilakukannya penyesuaikan dengan sistem-sistem data industri ekstraktif yang sudah ada (seperti di SKK Migas, Kementerian ESDM, atau Kementerian Keuangan), sehingga portal bisa mempublikasikan data industri ekstraktif yang paling baru secara cepat dan akurat. Ke depannya portal juga diharapkan dapat digunakan untuk memudahkan pengumpulan data untuk Laporan EITI secara online karena pengumpulan data hingga saat ini masih dilakukan secara manual.

URL Link Portal Data Industri Ekstraktif :

link portal