Sunday , 24 September 2017
Home » Berita » EITI Turut Serta Dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik
EITI Turut Serta Dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik

EITI Turut Serta Dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik

Sekretariat EITI ikut serta dalam Pameran Inovasi Pelayanan Publik di Stadion Manahan, Surakarta, tanggal 25-27 Agustus 2017. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Pameran diikuti oleh sekitar 100 booth dari berbagai Kementerian/Lembaga, Pelaku Usaha,  dan LSM. Kemenko Perekonomian turut serta dalam pameran ini dengan menghadirkan 6 booth dengan berbagai tema yaitu Keuangan Inklusif Membangun Indonesia Sejahtera, Jamu Brand Indonesia, Transparansi Industri Ekstraktif Untuk Kesejahteraan Masyarakat, UMKM Go Online, Konsolidator dan Agregator Ritel, Infrastruktur Untuk Energi, dan Kawasan Ekonomi Khusus Terobosan Pemerataan dan Kemandirian Ekonomi.

Sekretariat EITI yang mewakili Kedeputian III Kemenko Perekonomian ikut dalam pameran dengan tema Transparansi Industri Ekstraktif Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Booth EITI memberikan informasi kepada pengunjung seputar pentingnya transparansi di sektor ekstraktif untuk perbaikan tata kelola. Pengunjung dapat memperoleh informasi seputar EITI melalui video, poster, infografis, brosur, dan leaflet yang dibagikan.

Poster yang ditampilkan dan brosur utama yang dibagikan yaitu yang sesuai dengan tema tentang Transparansi Industri Ekstraktif Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Brosur yang disebarkan kepada pengunjung menceritakan tentang alur kerja EITI sehingga dapat membuka jalan untuk kesejahteraan masyarakat. Transparansi SDA sangat penting karena sektor ini di tahun 2014 menyumbang hampir sepertiga pendapatan negara. Karena peran besar itulah, diperlukan EITI yang digagas oleh perwakilan pemerintah, perusahaan, dan LSM. Dengan adanya EITI akan ada kesadaran dan diskusi publik sehingga perilaku rente terdeteksi dan akuntabilitas pemerintah terjaga. EITI memberikan rekomendasi untuk perbaikan tata kelola sehingga akan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Selain brosur dan poster infografis yang sesuai tema, booth EITI juga menghadirkan brosur tentang fakta EITI, infografis Laporan EITI 2014, infografis alur kerja migas dan minerba, dan infografis tentang Portal Data EITI. Portal Data disajikan di layar infocus agar pengunjung tertarik untuk dapat mengakses Portal Data Industri Ekstraktif. Portal tersebut menjadi “one-stop -shop” untuk memperoleh data-data yang relevan, informasi dan analisis tentang sektor ekstraktif dan dampak ekonomi dan sosial di Indonesia. Portal merupakan satu wadah pemersatu dari seluruh data di sektor industri ekstraktif. Informasi dan analisis yang disajikan di dalam portal diambil dari Laporan EITI dan sumber-sumber lainnya seperti data dari Kementerian ESDM tentang data lisensi dan kerangka kerja sektor ekstraktif, data tentang penerimaan negara dari Kementerian Keuangan, dan data tentang Produk Domestik Bruto (PDB) dan data ekspor/impor dari Kementerian Perindustrian dan Badan Pusat Statistik (BPS). Pengunjung dapat mengakses atau bertanya tentang portal atau secara lebih umum pelaksanaan EITI di Indonesia.

Selain materi cetak, para pengunjung booth EITI dapat melihat beberapa video baik yang diproduksi Sekretariat EITI Indonesia atau Sekretariat EITI Internasional di layar TV plasma yaitu video tentang manfaat dan cara kerja EITI, pentingnya pelaksanaan transparansi Beneficial Ownership, dan pentingnya transparansi untuk masyarakat sekitar tambang dengan contoh-contoh kasus di beberapa belahan dunia.

Selain mengikuti Pameran Inovasi Pelayanan Publik, Kedeputian III dan Sekretariat EITI juga turut hadir dalam pembukaan Pekan Revolusi Mental yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Acara tersebut dihadiri oleh belasan ribu peserta dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

brosur pameran
Fakta Tentang EITI