Tuesday , 16 July 2019
Home » Berita » EITI Indonesia Turut Serta dalam National Innovation Exchange
EITI Indonesia Turut Serta dalam National Innovation Exchange

EITI Indonesia Turut Serta dalam National Innovation Exchange

EITI Indonesia ikut serta dalam National Innovation Exchange di OECD Centre, Paris, Prancis, tanggal 18-19 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari Konferensi Global EITI. Pameran diikuti oleh sekitar 40 booth dari negara-negara anggota EITI di dunia. Booth EITI Indonesia menyoroti tentang pengarusutamaan data dan pelaksanaan transparansi Beneficial Ownership (BO) di Indonesia. Booth EITI memberikan informasi kepada pengunjung yang merupakan peserta dari Konferensi Global EITI seputar pentingnya transparansi di sektor ekstraktif di Indonesia. Pengunjung dapat memperoleh informasi seputar EITI melalui poster, infografis, brosur, dan leaflet yang dibagikan.

Poster yang ditampilkan dan brosur utama yang dibagikan yaitu pengarusutamaan data ekstraktif di Indonesia yang menjelaskan bahwa Indonesia telah memiliki berbagai akses data industri ekstraktif seperti Minerba One Data Indonesia (MODI), Geoportal, Portal SKK Migas, dan Portal Data EITI Indonesia. Portal Data EITI diharapkan ke depannya dapat menjadi satu akses yang dapat menjadi pintu masuk ke portal lainnya, baik melalui integrasi data maupun tautan.

Poster lainnya yang ditampilkan adalah pelaksanaan transparansi BO di Indonesia. Indonesia telah menerbitkan Perpres No 13 tahun 2018 sebagai payung hukum transparansi BO. EITI Indonesia di tahun 2016 telah mempublikasikan peta jalan transparansi BO sebagai panduan agar di tahun 2020, Indonesia dapat mempublikasikan data BO di Laporan EITI

Brosur lainnya yang disajikan di booth EITI Indonesia yaitu pelaksanaan EITI di Indonesia, peran industri ekstraktif untuk ekonomi Indonesia, Portal Data EITI Indonesia, dan Laporan EITI 2016. Sekitar 50 peserta Konferensi Global EITI menyempatkan diri mengunjungi booth EITI Indonesia untuk memperoleh informasi atau bertukar pengalaman dalam pelaksanaan transparansi industri ekstraktif.